Minggu, 15 Agustus 2010

Penurunan Balance Scorecard (cascading)



Menurut Niven (2002, p202), cascading adalah proses membangun Balance Scorecard pada tiap level organisasi. Scorecard-scorecard ini sejajar dengan scorecard perusahaan yang paling tinggi dengan mengidentifikasi tujuan-tujuan strategis dan ukuran yang akan digunakan masing-masing departemen pada level bawah untuk mengukur kemajuan mereka dalam berkontribusi pada tujuan perusahaan. Walaupun beberapa ukuran yang digunakan akan sama, sering kali scorecard level bawah terdiri dari ukuran-ukuran yang menggambarkan peluang dan ancaman yang dihadapi pada level tersebut.
Menurut Niven (2002, p204), Balance Scorecard pada level teratas, yakni yang digunakan oleh keseluruhan perusahaan, merupakan titik mulai dari suatu usaha cascading. Tujuan-tujuan dan ukuran-ukuran yang terdapat pada scorecard tersebut diturunkan kedalam level organisasi berikutnya, yang biasanya terdiri dari unit-unit bisnis individu.
Menurut Niven (2002, p207) juga mengemukakan bahwa proses cascading berkaitan dengan memikirkan pengaruh. Dalam membangun Balance Scorecard pada level pertama ini, pertanyaan yang relevan adalah “ Apa yang dapat dilakukan pada level ini untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar