Penggunaan IT Balanced Scorecard merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membantu penyelarasan IT dan bisnis. Tujuannya adalah membuat sebuah fasilitas bagi pelaporan manajemen, menumbuhkan konsensus diantara stakeholder kunci mengenai tujuan strategis IT, menunjukkan efektifitas dan nilai tambah dari IT dan mengkomunikasikan kinerja, resiko dan kemampuan IT (Grambergen, 2000).
Empat Parameter IT Balance Scorecard
Menurut Grembergen (2001, p1) konsep Balance Scorecard yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton dapat diimplementasikan ke fungsi IT dan proses-prosesnya sehingga timbul konsep Information Technology Balance Scorecard. Implementasi Balance Scorecard pada fungsi TI ini menjadi tool yang semakin popular digunakan oleh perusahaan-perusahaan. IT Balance Scorecard terbagi menjadi empat faktor, yaitu:
1. Kontribusi Perusahaan (Corporate Contribution)
2. Orientasi Pengguna (User Orientation)
3. Penyempurnaan Operasional (Operational Excellent)
4. Orientasi Masa Depan (Future Orientation)
Menurut Purnomo (2002, p10) langkah-langkah membangun IT Balance Scorecard adalah:
· Menyelaraskan Visi dan Misi ke Strategi TI
· Membangun hubungan sebab akibat
· Menentukan Obyektif dan ukuran strategis
· Menentukan target dan inisiatif strategis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar